Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat

Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat


Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat -  Artikel perdana dari Kategori wisata yang akan kami berikan ini adalah wisata dari sumatera barat yakni Danau Maninjau.Kalau berwisata di bukit tinggi jangan lupa singgah di Danau maninjau. Dari bukit tinggi lebih kurang satu setengah jam perjalan. pemandangan yang indah.

Danau Maninjau di Sumatera Barat adalah satu dari danau yang mempunyai panorama menakjubkan di Nusantara. Danau vulkanik ini terletak kurang lebih 461 meter di atas permukaan laut. Dengan ukuran kurang lebih 100 meter persegi dengan kedalaman maksimum 500 meter, danau ini memiliki sebuah legenda yang berkaitan. Berdasarkan legenda di ranah Minang mengenai “Bujang Sembilan”, salah satu di antaranya meninggal dengan cara menceburkan diri ke dalam kawah. Kawah ini kemudian membesar dan di kemudian hari terbentuklah danau di sini .

Legenda “Bujang Sembilan”, Alkisah ada satu keluarga terdiri dari 10 orang, 9 orang laki-laki (bujang) dan seorang perempuan bernama Sani. Keelokkan paras dan perilaku Sani menjadi daya pikat tersendiri bagi seorang pemuda bernama Sigiran. Singkat kata mereka kemudian menjalin asmara. Suatu hari mereka dituduh telah melakukan perbuatan amoral oleh para bujang. Untuk membuktikannya, mereka melompat ke kawah gunung Tinjau. Mereka bersumpah jika mereka melakukan tindak amoral maka gunung ini tidak akan meletus, dan jika mereka tidak melakukan tindakan amoral maka gunung ini akan meletus. Akhirnya gunung tersebut meletus dan hasil letusan tersebut membentuk kawah besar yang kemudian diisi oleh air dan menjadi danau seperti sekarang.


Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.Untuk bisa mencapai Danau Maninjau, perjalanan ditempuh melalui jalur darat. yaitu memasuki jalur dari Barat atau timur. Dari Barat, perjalanan dimulai dari Padang melewati jalur Pariaman menuju Lubuk Basung (ibu kota Kabupaten Agam), lebih kurang ditempuh selama 1 ½ jam. 
Untuk transportasi bisa menggunakan angkutan umum, travel, dan mobil sewaan. Dari timur, perjalanan dimulai dari Padang menuju Bukittinggi dan dari kota Bukittinggi perjalanan dilanjutkan ke Danau Maninjau melewati kelok 44 menggunakan angkutan umum, mobil pribadi, atau mobil sewaan. Waktu perjalanan ditempuh kurang lebih 3 jam.

Untuk Selengkap lihat di

 http://www.paketwisata-pulautidung.web.id/2013/06/wisata-danau-maninjau-sumatera-barat.html

Artikel Terkait Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat

1 komentar:
  1. mantap..
    postingan yang menarik...
    kunjungi kami dan klik disini ya..
    terima kasih

    BalasHapus